Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Maret 19, 2018

Perbandingan Trigonometri Sudut-Sudut Istimewa

Sudut istimewa atau biasa juga disebut sudut khusus adalah sudut-sudut yang nilai perbandingan trigonometrinya dapat ditentukan tanpa harus menggunakan alat bantu (seperti kalkulator dan tabel trigonometri). Sudut-sudut istimewa tersebut adalah $0°$, $30°$, $45°$, $60°$, dan $90°$. Nilai-nilai sudut-sudut istimewa ini sering kita jumpai di buku-buku cetak, rangkuman, dan lain-lainnya. Bahkan ada yang sudah yang hafal. Tetapi yang jadi pertanyaan, adakah yang tau dari mana asal-usul nilai tersebut. Buat yang belum tau dari mana nilai-nilai tersebut, tanang!!! Karena pada kesempatan kali ini, penulis mencoba menjelaskan secara sederhana asal-asul nilai-nilai tersebut.

Untuk menentukan nilai-nilai perbandingan trigonometri sudut-sudut istimewa yang dimaksud, kita dapat meggunakan konsep Lingkaran Satuan. Apa itu lingkaran saatua? Lingkaran satuan adalah lingkaran yang berjari-jari satu satuan seperti pada gambar berikut.
Lingkaran satuan itulah yang akan kita pakai.

Perbandingan Trigonom…

Fungsi Invers (Fungsi Balikan)

Defenisi Fungsi Invers Jika fungsi $f:A\rightarrow B$, dengan $\begin{align*} f=\left \{ (x,y)|y=f(x),x\in A\;\textrm{dan}\;y\in B \right \} \end{align*}$ maka relasi $g:B\rightarrow A$ dengan $\begin{align*} f=\left \{ (y,x)|x=g(y),x\in A\;\textrm{dan}\;y\in B \right \} \end{align*}$ disebut invers fungsi $f$ (ditulis $f^{-1}$). Jika $f^{-1}$ merupakan fungsi maka $f^{-1}$ disebut fungsi invers dan jika $f^{-1}$ bukan merupakan fungsi maka $f^{-1}$ disebut invers $f$. Jika $g$ ada, $g$ dinyatakan dengan $f^{-1}$, sehingga $f^{-1}(y)=x\leftrightarrow f(x)=y$.
(Husein Tampomas)
Syarat Invers suatu Fungsi Merupakan Fungsi Invers
Fungsi $f:A\rightarrow B$ mempunyai fungsi invers jika dan hanya jika $f$ adalah fungsi bijektif (berkorespondensi satu-satu).
Husein Tampomas Menentukan Invers Suatu Fungsi
Langkah 1: Ubahlah fungsi $y=f(x)$ menjadi bentuk $x=f(y)$.
Langkah 2: Tuliskan $x$ sebagai $f^{-1}(y)$ sehingga $f^{-1}(y)=f(y)$.
Langkah 3: Ubahlah variabel $y$ dengan $x$ sehingga diperole…